Experience

PENGALAMAN DI LENTERA

Sekolah Kristen Lentera nama panjangnya…mulai mengenalnya sekitar 10 tahun yang lalu, kira-kira tahun 2007. Pertanyaan yang sering muncul ketika nama sekolah ini disebut adalah “Bagaimana sih kehidupan sekolah sehari-hari di Sekolah Kristen Lentera Ambarawa?”
Menggambarkan pengalaman di sekolah yang asri dan adem ini adalah sesuatu hal yang terlihat mudah seperti membalikkan telapak tangan. Terlihat mudah untuk yang melihat secara kasat mata tetapi terlihat cukup kompleks jika kita melihatnya secara lebih mendalam karena ternyata untuk menggerakkan tangan jadi terbalik dibutuhkan jutaan saraf yang terhubung dengan seluruh tubuh Jadi jika membicarakan bagaimana pengalaman di Sekolah Kristen Lentera ini, kalimat yang terlintas adalah FULL OF NEW EXPERIENCE … penuh dengan pengalaman yang baru. Setiap hari ada banyak hal yang bisa siswa dapatkan baik ketika mendapat pembelajaran di dalam kelas maupun ketika sedang mengikuti kegiatan di luar kelas yang pasti dilakukan oleh sekolah untuk mengembangkan kemampuan siswa yang saling berkaitan.

Pengalaman pertama yang dirasakan siswa ketika memulai hidup bersekolah di Lentera adalah kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah. Selama seminggu, di awal tahun ajaran baru, semua siswa diajak mengenal kehidupan di Lentera, mulai dari cara masuk kelas, budaya sekolah, lagu mars Sekolah Kristen Lentera, pengenalan guru dan staf sekolah untuk hari pertama, peraturan dan kesepakatan kelas diperkenalkan begitu juga ruangan-ruangan di seluruh sekolah. Hari-hari selanjutnya kegiatan diisi dengan kegiatan bermain interaktif yang bertujuan untuk mengenalkan kebudayaan sekolah yang sudah dikenalkan di hari pertama. Selain itu, tentu saja setiap hari sebelum kegiatan belajar mengajar di mulai, di setiap kelas selalu diawali dengan renungan pagi yang dipimpin oleh wali kelas masing-masing. Suasana sekolah terasa sangat menyejukkan hati dan jiwa mendengar suara-suara riang mereka mengisi pagi yang indah dengan pujian syukur kepada Sang Pencipta.
Salah satu dari pengalaman di Sekolah Kristen Lentera adalah adanya kegiatan Outing Class yaitu kegiatan pembelajaran di luar sekolah yang dilakukan rutin beberapa bulan sekali. Selain itu ada kegiatan pembelajaran di sekolah yang dikemas dalam bentuk perayaan, sudah direncanakan bersama-sama antara guru, bagian kurikulum dan kepala sekolah yang dituangkan dalam Kalender Pendidikan Sekolah Kristen Lentera. Bagian dari pengalaman tersebut diharapkan membawa dampak yang baik bagi setiap mereka yang mengikutinya.

Pemilihan lokasi untuk siswa belajar di luar sekolah selalu dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa, antara lain penyesuaian dengan materi belajar, lokasi yang tidak terlalu jauh dari sekolah yang dapat ditempuh dengan waktu yang relatif singkat dan aman tentu saja. Pada kegiatan ini, anak-anak dapat mengamati kejadian nyata di lokasi yang mereka kunjungi, tidak hanya melihat, mengamati dan merasakan saja, anak-anak juga belajar untuk menuliskan ulang hal-hal yang mereka lihat, alami dan rasakan. Tujuan dari kegiatan outing class bukan hanya mengajarkan dan membuat siswa mengalami apa yang mereka amati tetapi mereka juga dapat menerapkan pembelajaran yang baru ini pada kehidupannya sekaligus juga memberi inspirasi pada siswa untuk mengembangkan kemampuan barunya.

Selain pengalaman di atas, siswa juga diajak untuk merasakan bagaimana berbagi berkat bagi sesama temannya juga bagi adik atau kakak kelasnya. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu siswa menjadi orang yang murah hati dan sadar bahwa semua berkat yang dimiliki berasal dari Tuhan dan Tuhan mau mereka berbagi dengan yang lainnya. Karakter ini diajarkan bukan hanya pada saat mereka di kelas tetapi juga ketika mereka mengikuti kegiatan-kegiatan perayaan yang sekolah adakan. Perayaan seperti: Natal dan Paskah dengan mengunjungi panti asuhan anak berkebutuhan khusus atau memberikan sembako bagi orang-orang yang membutuhkan.
Berbagai pengalaman selain outing class dan perayaan adalah adanya pekan pendidikan Kristen yang menekankan pada pengenalan siswa kepada Tuhan Yesus, juru selamat dunia. Kegiatan ini dilakukan bukan hanya untuk membawa siswa lebih dekat dengan Penciptanya tetapi juga membantu mereka untuk sadar bahwa hidup mereka berarti bagi Tuhan Sang Pencipta dunia ini, jadi mereka juga dapat menghargai hidup dan perjuangan yang mereka punyai untuk terus bercahaya di dalam kasih Tuhan Yesus.
Semua kegiatan yang dilaksanakan di Sekolah Kristen Lentera bertujuan untuk satu hal penting yaitu mempersembahkan yang terbaik bagi Allah Tritunggal selagi Tuhan memberikan kesempatan untuk mereka menghirup kehidupan dan tinggal dalam berkat-Nya.
Kesimpulannya, dengan memilih Sekolah Kristen Lentera sebagai tempat untuk menyelesaikan pendidikan formal yang dicanangkan pemerintah, anak-anak juga sekaligus menyelesaikan satu masa pertumbuhan pendewasaannya di dalam pengalaman yang indah bersama kasih dan berkat.

Fausi Kusmandani Madjid, M.Pd.
Kabag. Kurikulum

Why Lentera?

Lentera

Menjadi sekolah terkemuka, unggul dalam iman-karakter dan iptek. Berprestasi, cerdas-mandiri di era global dan berpijak pada budaya bangsa.

Experience

Lentera

Anak-anak didik di Sekolah Kristen Lentera diajarkan untuk berprestasi, cerdas-mandiri di era global dan berpijak pada budaya bangsa.

Student Life

Lentera

SKL menjadi tempat bagi anak-anak didik untuk dapat menyalurkan bakat dan hobby positif-nya, sehingga mereka menjadi generasi yang kreatif.

CORE VALUES LENTERA

akronim lentera