Widya Wisata Kelas 9


Rabu sampai dengan Jumat di 10-12 Oktober 2012, kelas 9 SMP Kristen Lentera berserta para guru dan staff, mengadakan widya wisata ke seputar Batu, Jawa Timur. Kami mengunjungi beberapa lokasi wisata; Jatim Park 2 yang terdiri dari Batu Secret Zoo dan Museum Binatang, Eco Green Park yang juga masih di seputar Jatim Park 2, Batu Nigt Spectacular, dan tidak lupa pusat oleh-oleh. Meski hanya dua lokasi utama namun karena Jatim Park 2 begitu luasnya, waktu seharian yang diberikan rasanya terasa cepat dan kami merasa masih kurang. Namun bersyukur semua berjalan baik, lanacar, aman dan penuh dengan kegembiraan serta menerima banyak pembelajaran.


Kami berkumpul di sekolah pukul 19.30 WIB Rabu malam. Setelah checking peserta, kami masuk bus dan duduk sesuai denah yang sudah disiapkan , kamipun sudah berangkat sekitar jam 20.00 WIB.  Perjalanan berangkat lumayan seru, penuh dengan percakapan dan canda tawa. Namun mengingat esok hari kami mebutuhkan banyak tenaga untuk jalan-jalan, kami diingatkan untuk tidur agar bisa lebih sehat dan menikmati wisata esok hari.


Bersyukur perjalanan berjalan lancar, bahkan lebih cepat dari yang dijadwalkan. Kami menuju penginapan tempat transit untuk menyiapkan diri; mandi, istirahat sejenak, saat teduh dan berdoa bersama pendamping serta sarapan pagi. Dalam pertemuan dengan pendamping, kami diingatkan kembali tentang tugas-tugas MI serta peraturan yang kami perlu perhatikan, tak lupa kami berdoa untuk Tuhan pimpin, jagai dan sertai kami semua. Semua tampak segar dan bersemangat.


Pukul 07.00 WIB kami sudah bergerak meninggalkan tempat transit dan langsung menuju JP 2. Sebelum wisata dimulai, masih dengan mengenakan kaos ungu kami berfoto bersama di depan museum JP 2. Ketika sampai, kami sudah exited, banyak memotret gedung-gedung dan juga berbagai hal yang indah di seputar halaman JP 2.


Tempat pertama yang kami masuki adalah Eco Green Park. DI Eco Green Park, kami  menikmati museum geologi, sangat memberi pengalaman baru karena kami bisa secara langsung merasakan bagaimana jika ada gempa, berada di dalam cuaca sangat berangin serta cuaca yang sangat dingin. Dengan antusias kami bergantian masuk ke ruang simulasi cuaca dan gempa ini.
Yang tidak kalah menarik adalah lahan yang sangat luas untuk berbagai macam jenis burung. Warna yang sangat indah, bentuk dan ukuran yang amazing. Tuhan begitu kreatif menciptakan berbagai binatang dengan cirri khas yang begitu beragam. Di sini kami juga menikmati rumah terbalik yang unik dimana semua barang dipasang terbalik baik di dinding atau di langit-langit, film 4 dimensi serta pengenalan alam melalui multi media yang dikemas dengan menarik.
Setelah puas dengan Eco Green Park, kami masuk ke Batu Secret Zoo. Tidak kalah indahnya. Tempat yang sangat luas dan di dalamnya kami bisa banyak dibuat kagum dengan berbagai binatang, mulai dari yang diawetkan dan masih hidup, sangat kecil (seperti berbagai macam insektisida dan kupu-kupu) sampai yang besar seperti jaguar, pendek dan tinggi, jinak dan buas, melata dan terbang, dari Indonesia dan dari berbagai benua, dll. Bahkan sangat banyak di antaranya yang kami baru pertama kali menyaksikannya. Kebun binatang dengan konsep modern ini cukup lengkap isi binatangnya.


Di sini kami makan siang dan bisa menikmati semua wahana permainan yang ada dengan gratis. Maka sebisanya kami menikmati semua jenis games yang ada, tentu saja kami memilih yang memang kami suka dan berani. Permainan bom-bom car, roller coster, tsunami, rumah hantu dan masih banyak lagi banyak diserbu kami dan pengunjung lain, karena begitu banyak yang bisa kami masuki dan naiki tanpa membayar lagi membuat kami sangat puas. Memang kami harus berani karena banyak permainan itu yang memicu adrenalin kami muncul. Dan yang jantungnya tidak kuat, diminta untuk tidak naik atau masuk ke permainan tertentu.


Gedung museum binatang menjadi jadwal kami selanjutnya. Masuk museum , kami disambut dengan keindahan yang sangat mengagumkan dan memberi kesan tersendiri bagi yang menyaksikannya. Sangat banyak binatang asli yang kemudian diawetkan, dan tidak hanya binatang kecil serta sedang, tapi binatang seperti beruang kutub yang berwarna putih-pun ada. Dan beberapa jenis dinosaurus yang hidup pada jaman purbakala dibuat rangkanya dengan begitu sempurna, mirip dengan aslinya.


Sebelum menuju Batu Night Spectacular (BNS), kami dibawa ke pusat oleh-oleh. Hampir semua dari kami turun dan berbelanja oleh-oleh buat keluarga di Ambarawa. Setelah selesai berbelanja, kami pergi ke BNS. Di tempat ‘dugem’-dunia gemerlap- ini kami dibuat takjub dengan berbagai lampion dan benda apapun yang dibuat bercahaya. Dunia lampion sangat menarik, miniatur berbagai cerita dongeng, kendaraan serta bangunan dibuat begitu indahnya dan semakin tampak luar biasa karena semua dibuat tanpa meninggalkan lampu. Di BNS kami kembali menikmati film 4 dimensi yang kali ini cukup seru karena kami serasa menjadi pembalap di atas kursi yang khusus dirancang untuk menikmati film 4 dimensi.


Walaupun terasa lelah tetapi kami tetap bersemangat dan merasa senang sekali. Setelah menikmati suasana malam di BNS kami kembali ke penginapan untuk makan malam. Selesai makan malam, kami kembali masuk bis dan langsung menuju AMbarawa. Perjalanan pulang sangat berbeda dengan waktu kami berangkat, saat masuk bus dan mulai bergerak, suasana di dalam langsung tenang. Banyak di antara kami yang tidur karena memang melelahkan.


Syukur kepada Tuhan, kami sampai dengan selamat di SKL sekitar jam 06.00 WIB di hari Jumat. Hari itu, kami tentu saja libur. Namun tugas dari setiap mapel sudah menunggu, kami diberi waktu 1 minggu untuk mengerjakan dan akan dinilai oleh para guru pengampu setiap mata pelajaran yang ada.


Terimakasih Bu Fera selaku ketua Widya Wisata serta semua guru dan staff yang sudah menyiapkan dan mengatur segala sesuatunya dengan baik sehingga acara ini kami menikmati meski rasanya lelah karena memang pendek waktunya.


Dari kegiatan ini siswa belajar bekerjasama. Mencintai, bertanggung jawab dan merawat flora serta fauna yang masih ada agar tetap terjaga kelestariannya, tidak punah. Kiranya ada di antara kami yang melalui widya wisata ini terinspirasi untuk menjadi ahli lingkungan hidup dan menjadi berkat bagi Indonesia bahkan dunia. Amien. (Jonas-Uky/Foto: dokumen berbagai sumber)

Gallery:

 

Why Lentera?

Lentera

Menjadi sekolah terkemuka, unggul dalam iman-karakter dan iptek. Berprestasi, cerdas-mandiri di era global dan berpijak pada budaya bangsa.

Experience

Lentera

Anak-anak didik di Sekolah Kristen Lentera diajarkan untuk berprestasi, cerdas-mandiri di era global dan berpijak pada budaya bangsa.

Student Life

Lentera

SKL menjadi tempat bagi anak-anak didik untuk dapat menyalurkan bakat dan hobby positif-nya, sehingga mereka menjadi generasi yang kreatif.

CORE VALUES LENTERA

akronim lentera