Outting Class Kelas 4,5 dan 6 SD Kristen Lentera ke PLTA Jelog Tuntang

 

jelog melihat turbin

Kamis, 22 Maret 2018. Anak-anak kelas 4, 5 dan 6 SD Kristen Lentera mengadakan kegiatan outting class ke PLTA Jelog Tuntang. Anak-anak berangkat pukul 08.00 pagi dari Sekolah Kristen Lentera dengan transportasi umum. Mereka terlihat sangat antusias dan bersemangat. Di sepanjang perjalanan, anak-anak disuguhi dengan pemandangan yang masih asri dan udara yang cukup sejuk. Sesampai di PLTA Jelog, anak-anak disambut oleh Bapak Hamdani yang merupakan teknisi dari Indonesia Power. Bapak Hamdani memberikan penjelasan mengenai sejarah PLTA Jelog yang merupakan PLTA tertua di Indonesia. PLTA Jelok didirikan pada tahun 1935, dan mulai beroperasi tahun 1938. PLTA berkapasitas 15 Megawatt ini bersama PLT lain yang saling terhubung bersama-sama menyuplai kebutuhan listrik se pulau Jawa dan Bali. Selain sejarah, anak-anak juga diberi penjelasan mengenai struktur organisasi dan perkenalan alat-alat pembangkit listrik yang ada di PLTA Jelog.
Di PLTA Jelok anak-anak diajak ke lapangan untuk melihat langsung dan mengamati air dari sungai Tuntang yang digunakan menggerakkan turbin . Di dalam ruangan turbin para siswa melihat bagaimana mesin turbin yang ukurannya besar bekerja untuk membangkitkan listrik. Dipandu oleh Bapak Hamdani, anak-anak dijelaskan bagaimana mesin turbin bekerja dan bagaimana pendistribusian listrik dilakukan. Setelah itu, anak-anak diajak ke aula untuk melihat-lihat foto-foto bersejarah PLTA Jelog dari jaman dulu sampai sekarang.
Kegiatan outting class ini bertujuan untuk mengenalkan bagaimana listrik dihasilkan. Dengan adanya kegiatan outting class ini, diharapkan anak-anak dapat mengerti bahwa listrik yang dapat kita nikmati setiap hari dengan mudah ternyata dalam prosesnya melalui banyak hal dan banyak orang-orang yang berjasa besar untuk memastikan listrik yang ada tersebut tetap tersedia bagi masyarakat. Selain itu, anak-anak juga diharapkan memiliki kesadaran untuk belajar menghemat daya listrik.

jelog profil perusahaan

jelog foto sejarah

Why Lentera?

Lentera

Menjadi sekolah terkemuka, unggul dalam iman-karakter dan iptek. Berprestasi, cerdas-mandiri di era global dan berpijak pada budaya bangsa.

Experience

Lentera

Anak-anak didik di Sekolah Kristen Lentera diajarkan untuk berprestasi, cerdas-mandiri di era global dan berpijak pada budaya bangsa.

Student Life

Lentera

SKL menjadi tempat bagi anak-anak didik untuk dapat menyalurkan bakat dan hobby positif-nya, sehingga mereka menjadi generasi yang kreatif.

CORE VALUES LENTERA

akronim lentera