Kegiatan Outing Class Kelas 4, 5, dan 6 Ke Home Industri Tempe, Batu Bata dan Keripik Singkong

 

Sekolah Kristen Lentera memberi kesempatan untuk anak-anak merasakan pembelajaran di luar kelas atau biasa disebut outing class. Untuk kegiatan kali ini, kelas 4, 5 dan 6 mengunjungi beberapa industri rumah tangga yang ada di sekitar Ambarawa. Berikut adalah tulisan dari Agnes, murid kelas 5A.  

Kegiatan Belajar Luar Kelas di Industri Rumah Tangga (Home Industry)

WhatsApp Image 2017 09 18 at 13.23.42

        Hari ini kami melakukan kegiatan renungan harian bersama wali kelas sebelum mengikuti kegiatan outing class. Kami berangkat dari sekolah pukul 08.30. Kami sampai di tempat home industri pukul 08.55. Saat di perjalanan kami sangat tegang, karena jalannya naik turun. Setelah sampai di sana kami dibariskan, kembali kami melanjutkan perjalanan yang pertama ke home industri keripik singkong. Kami disana sangat senang karena boleh mencicipi keripik singkong dengan percuma, di home industri keripik singkong ada sedikit cerita, adik kelas kami ada yang jarinya terkena pisau potong singkong, kemudian segera dilarikan ke puskesmas.

IMG 20170918 100323

        Bu Dariah adalah nama pemandu di home industri keripik singkong, beliau memandu kami dan memberi penjelasan kepada kami bagaimana proses pembuatan keripik singkong, berikut merupakan penjelasan mengenai proses pembuatan keripik singkong, singkong dikupas terlebih dahulu, kemudian dicuci bersih dengan air. Setelah itu, singkong dipotong menggunakan alat potong khusus, kemudian potongan singkong ditaruh di dalam ember, kemudian di tiriskan satu per satu di atas tampah. Setelah itu potongan singkong siap untuk digoreng, ketika warnanya sudah mulai menguning, bumbu singkong yang terbuat dari bawang putih dan garam yang dicampur dengan air dituangkan ke dalam penggorengan kurang lebih 1 sendok, ketika sudah matang, keripik singkong siap ditiriskan.

DSC01662

        Kegiatan outing class yang kedua, kami berkunjung ke home industri batu bata, di sana ada kendala  yaitu mesinnya mati tapi setelah beberapa menit bisa menyala. Di home industri batu bata, kami boleh mencoba memotong batu bata dengan menggunakan mesin khusus. Pak Mulyono dan Pak Topadi adalah nama pemandu kami di sana. Kami diajari bagaimana proses pembuatan batu bata. Langkah pertama tanah liat, pasir dan serbuk kayu dicampur dengan air kemudian digiling dengan menggunakan mesin khusus, setelah tercampur dengan baik kemudian dipotong - potong dengan menggunakan mesin pemotong, diulangi sampai halus setelah itu dijemur. Setelah kering, batu bata siap untuk dibakar kurang lebih selama 2 hari.

WhatsApp Image 2017 09 18 at 13.09.20

        Kegiatan outing class yang terakhir, kami berkunjung ke home industri tempe. Di sana kami paling senang, karena pemandunya menjelaskan tidak terlalu cepat. Di sana kami praktek membungkus kedelai, kami diberi 1 bungkus tempe gratis, dan aku membeli tempe 2000 untuk dibawa pulang. Bu Safitri adalah nama pemandu di home industri tempe, kami diberi penjelasan mengenai proses pembuatan tempe, awalnya kedelai direbus dan direndam selama 1 malam setelah itu dicuci sampai bersih lalu ditiriskan dan diberi ragi. Banyak sedikitnya ragi tergantung dari cuaca, ketika cuaca panas, kedelai cukup dicampur dengan 1 sendok makan ragi, ketika cuaca dingin kedelai dicampur dengan ragi 5 - 10 sendok makan, setelah dicampur dengan ragi, kedelai siap dibungkus dengan daun andong lalu diikat menggunakan karet.
Demikian pengalaman kegiatan outting class ku hari ini.

Karya Agnes Putri K
Kelas 5A/2

Why Lentera?

Lentera

Menjadi sekolah terkemuka, unggul dalam iman-karakter dan iptek. Berprestasi, cerdas-mandiri di era global dan berpijak pada budaya bangsa.

Experience

Lentera

Anak-anak didik di Sekolah Kristen Lentera diajarkan untuk berprestasi, cerdas-mandiri di era global dan berpijak pada budaya bangsa.

Student Life

Lentera

SKL menjadi tempat bagi anak-anak didik untuk dapat menyalurkan bakat dan hobby positif-nya, sehingga mereka menjadi generasi yang kreatif.

CORE VALUES LENTERA

akronim lentera