Pemeriksaan Kesehatan Gigi


AKU MAU HIDUP SEHAT: CTDS dan Pemeriksaan Kesehatan Gigi dan Mulut Kerjasama SD Kristen Lentera-Puskesmas Ambarawa

LENTERA, 27 Juli 2011. SD Kristen Lentera Ambarawa sangat mempedulikan peserta didik, bukan hanya dalam hal ilmu dan karakter tetapi juga masalah kesehatan jasmani. Jasmani daripada peserta didik adalah bagian tubuh Kristus yang harus selalu dijaga dan dirawat. Dalam hal inilah SD Kristen Lentera Ambarawa merasa perlu ikut serta mengambil bagian di dalamnya dengan memperhatikan kesehatan daripada jasmani peserta didik. Oleh sebba itu, untuk menunjang kesehatan peserta didik, khususnya kesehatan gigi dan mulut, SD Kristen Lentera Ambarawa bekerjasama dengan Puskesmas Ambarawa mengadakan kegiatan pemeriksaan gigi&mulut.

Kegiatan pemeriksaan gigi dan mulut yang diadakan pada 27 Juli 2011 ini merupakan kegiatan yang sudah menjadi agenda rutin UKS SD Kristen Lentera Ambarawa, dimana petugas puskesmas dan bidan datang ke sekolah untuk memberikan penyuluhan dan pemeriksaan langsung terhadap peserta didik.

Acara berlangsung sejak 08.30 – 11.30 WIB. Dalam kesempatan ini hadir Ibu Supriyati (Bidan Puskesmas Ambarawa), Bp. Sunaryono (Sanitasi), Ibu Heryani (Perawat gigi), dan Sdri Retno (Mahasiswi bidan) .

Kegiatan yang dilakukan di SKL dibagi menjadi 2 macam yaitu pemeriksaan gigi bagi siswa kelas 1, 2 dan 3 . Para siswa sangat antusias, mereka tak sabar menunggu giliran untuk diperiksa tinggi dan berat badan, kebersihan kuku, kesehatan telinga, amandel dan gigi. Walaupun ada sebagian dari mereka yang takut dan menangis. Tapi karena bujukan dan dorongan dari guru kelasnya, maka mereka berani dan mau diperiksa. Ada beberapa siswa yang giginya harus dicabut. Tapi sebagian besar siswa – siswi kelas 1 sampai 3 dinyatakan sehat dan dapat menjaga kesehatan dengan baik. . Peserta didik yang dirasa giginya harus dicabut pun segera diberi penanganan dan diberi obat, kalau pun ada beberapa peserta didik yang giginya tidak mau dicabut saat ini, mereka disarankan dirujuk ke puskesmas langsung atau ke dokter gigi.

Sedangkan penyuluhan CTDS (Cuci Tangan Dengan Sabun) yang sesuai dengan prosedur kesehatandiperuntukkan bagi siswa – siswi kelas 4 sampai 6 SD. Disampaikan dalam kesempatan itu, cara CTDS yang baik dan benar, yaitu :

  1.     Pertama – tama basahi tangan dengan sabun,
  2.     Tuang sabun di telapak tangan,
  3.     Gosok – gosok tangan secara bergantian kiri dan kanan, bagian tepapak tangan dan punggung tangan, sela – sela jemari, dan ibu jari,
  4.     Bilas tangan dengan air mengalir,


Jangan keringkan tangan dengan serbet maupun tisu, tapi caranya dengan mengibas – ibaskan tangan dan angkat tanganmu sampai dirasa sudah kering.
Cuci tangan yang baik adalah antara 40 – 60 detik. Tentu saja setelah penyuluhan para siswa dan guru langsung diminta untuk mencoba mempraktikkan di tempat yang ada, dan di beberapa sudut di lingkungan Sekolah Kristen Lentera memang ada cukup banyak tempat cuci tangan .


Sebelum mencuci tangan terlebih dulu tangan dikotori dengan kanji lalu dicuci tanpa sabun. Setelah itu untuk pembuktian apakah tangan sudah bersih cairan betadine dituang di tangan dan digosok ternyata tangan masih kotor buktinya cairan betadine berubah warna menjadi biru kehitaman. Lalu tangan dicuci dengan sabun sampai dirasa bersih, sebagai pembuktian cairan betadine dituang ke tangan kembali dan ternyata cairan betadine tidak berubah warna. Itulah bukti tangan sudah bersih dan bebas bakteri.
Semua siswa sangat senang dan berantusias mengikuti kegiatan yang diberikan petugas puskesmas.

SKL dalam banyak hal mengembangkan kegiatan pendidikan dengan berjejaring, baik dengan instansi pemerintah ataupun non pemerintah, baik yang ada di dalam ataupun di luar Ambarawa. Semua dilakukan untuk dapat membangun iklim pendidikan yang baik. Terima kasih kepada Puskesmas Ambarawa yang selalu setia terlibat dalam memeriksa dan menjaga kesehatan para siswa Lentera. (Berita dan Foto: Lia/Dwi)

Gallery:

Why Lentera?

Lentera

Menjadi sekolah terkemuka, unggul dalam iman-karakter dan iptek. Berprestasi, cerdas-mandiri di era global dan berpijak pada budaya bangsa.

Experience

Lentera

Anak-anak didik di Sekolah Kristen Lentera diajarkan untuk berprestasi, cerdas-mandiri di era global dan berpijak pada budaya bangsa.

Student Life

Lentera

SKL menjadi tempat bagi anak-anak didik untuk dapat menyalurkan bakat dan hobby positif-nya, sehingga mereka menjadi generasi yang kreatif.

CORE VALUES LENTERA

akronim lentera