Hari Kartini Upacara

Upacara memperingati Hari Kartini di SD Kristen Lentera dilaksanakan Jumat, 20 April 2018 dan dilaksanakan berbeda dari upacara-upacara biasanya. Siswa - siswi mengikuti upacara dengan mengenakan baju adat dan seluruh petugas upacara adalah siswi kelas V SD Kristen Lentera, dari petugas lapangan sampai Pembina upacara semua adalah wanita. Hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab sebagai wanita Indonesia penerus perjuangan Raden Ajeng Kartini.
Pembina upacara Ibu Florentina Runtini menyampaikan sejarah Raden Ajeng Kartini. Beliau menjelaskan bahwa 121 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 21 April 1879 Raden Ajeng Kartini dilahirkan di Jepara(Jawa Tengah). RA. Kartini hanya sempat memperoleh pendidikan sampai E.L.S. (Europese Lagere School) atau tingkat sekolah dasar walaupun sebenarnya RA. Kartini sangat menginginkan dapat memperoleh pendidikan yang lebih tinggi, namun orang tuanya tidak memperbolehkan. Setamat E.L.S, Kartini pun dipingit sebagaimana kebiasaan atau adat-istiadat yang berlaku di tempat kelahirannya dimana setelah seorang wanita menamatkan sekolah di tingkat sekolah dasar, gadis tersebut harus menjalani masa pingitan sampai tiba saatnya untuk menikah.
Sejak saat itu, dia pun berkeinginan dan bertekad untuk memajukan wanita bangsanya, Indonesia. Dan langkah untuk memajukan itu menurutnya bisa dicapai melalui pendidikan. Untuk merealisasikan cita-citanya itu, dia mengawalinya dengan mendirikan sekolah untuk anak gadis di daerah...

Why Lentera?

Lentera

Menjadi sekolah terkemuka, unggul dalam iman-karakter dan iptek. Berprestasi, cerdas-mandiri di era global dan berpijak pada budaya bangsa.

Experience

Lentera

Anak-anak didik di Sekolah Kristen Lentera diajarkan untuk berprestasi, cerdas-mandiri di era global dan berpijak pada budaya bangsa.

Student Life

Lentera

SKL menjadi tempat bagi anak-anak didik untuk dapat menyalurkan bakat dan hobby positif-nya, sehingga mereka menjadi generasi yang kreatif.

CORE VALUES LENTERA

akronim lentera