Pelatihan Dasar Palang Merah Remaja


Sebuah kerinduan yang beberapa waktu ini terpendam akhirnya menjadi kenyataan. SKL membuka kelas pelatihan Palang Merah Remaja (PMR) tingkat dasar bagi pemula dan madya. Kali ini gabungan SD kelas 4, 5 dan siswa  SMP kelas 7 dan 8. Pelatihan diadakan pada tanggal 8 September 2012, diikuti oleh 36 siswa . Acara berlangsung seharian dari pagi sampai dengan sore di  SKL.

Usai daftar ulang, acara dibuka oleh Kepala Sekolah SMP Kristen Lentera, Drs. Anggung Supramana dalam upacara singkat. Sebagai awal kegiatan, para peserta diminta membuat norma acara agar pelatihan berjalan dengan tertib. Mereka menetapkan sendiri kesepakatan tentang  apa yang diperbolehkan dan apa yang tidak diperbolehkan. Peserta juga membuat harapan yang ingin didapatkan dari acara ini. Pelatihan ini dikomandani oleh Pak Nofa Heru Kristanto. Pak Nofa , di SKL juga menjadi Pembina pramuka penggalang SMP Kristen Lentera. Beberapa guru tentunya juga mendampingi kegiatan ini; bu Sapta , Bu Riska dan Bu Maya.

Selain pak Nofa, fasilitator lain adalah Pak Lukman dan Pak Fathur, keduanya dari Semarang. Pak Lukman memaparkan tentang Kepalangmerahan seperti halnya Tribakti PMR, lambang PMR, prinsip-prinsip dasar PMR ,sejarah serta visi misi PMR. PMR sendiri adalah salah satu bagian dari Palang Merah Indonesia (PMI), maka dijelaskan pula ruang lingkup PMI termasuk di dalamnya pengetahuan tentang donor darah serta transfusI darah.

Setelah istirahat siang , memasuki pukul 13.00 WIB, para peserta mulai melakukan pelatihan pertolongan pertama . Praktek diadakan di halaman sekolah. Peserta belajar teori dan praktek tentang bagaimana menolong mengatasi orang yang pingsan dan orang yang patah tulang ringan. Selama praktek, tentu saja peserta banyak dibantu oleh para pembimbing. Tentu saja, terasa asyik meski juga sulit…

Bagian terakhir, peserta mendengarkan penjelasan tentang Sanitasi Kesehatan khususnya berkaitan dengan perawatan kesehatan keluarga dan cara mencuci tangan yang benar.

Pelatihan ini selesai pada pukul 14.30 WIB. Kami para peserta pulang dengan perasaan sangat senang karena meskipun harus masuk di hari Sabtu yang biasanya libur , namun kami mendapatkan banyak wawasan baru menyangkut PMR. Kami menantikan pelatihan lanjutan dengan harapan lebih banyak yang kami dapatkan dan lebih mendalam, dan juga semakin terampil pastinya. (RKSD/foto: dok.)

Gallery:

Why Lentera?

Lentera

Menjadi sekolah terkemuka, unggul dalam iman-karakter dan iptek. Berprestasi, cerdas-mandiri di era global dan berpijak pada budaya bangsa.

Experience

Lentera

Anak-anak didik di Sekolah Kristen Lentera diajarkan untuk berprestasi, cerdas-mandiri di era global dan berpijak pada budaya bangsa.

Student Life

Lentera

SKL menjadi tempat bagi anak-anak didik untuk dapat menyalurkan bakat dan hobby positif-nya, sehingga mereka menjadi generasi yang kreatif.

CORE VALUES LENTERA

akronim lentera