Open House 2012


Mengawali semester dua tahun ajaran 2011/2012, Sekolah Kristen Lentera, Ambarawa pada tanggal 20-21 Januari, menyelenggarakan Open House yang ketiga. Acara ini mempunyai tujuan internal untuk mempererat hubungan antar siswa Sekolah Kristen Lentera dan meningkatkan kreatifitas dan menyalurkan bakat siswa secara aktif.

Sementara itu tujuan Eksternal dimaksudkan untuk :

    Merealisasikan salah satu program PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) Sekolah Kristen Lentera 2011.
    Meningkatkan kerjasama antar sekolah di seluruh wilayah Kecamatan Ambarawa dan sekitarnya.
    Memberi ruang bagi anak-anak didik TK dan SD di seluruh wilayah Kecamatan Ambarawa dan sekitarnya untuk mengembangkan minat dan bakat mereka yang mengacu pada kecerdasan majemuk (multiple intelligences).
    Memperkenalkan kepada masyarakat secara lebih lengkap tentang SKL melalui  eksplorasi dan pameran potensi siswa-siswi TK, SD dan SMP Kristen Lentera.

Bersyukur, acara yang dihadiri oleh Kepala Kecamatan Ambarawa, Kepala Kelurahan, ketua RW dan RT setempat serta beberapa petinggi UPTD ini berlangsung dengan baik dalam pertolongan Tuhan. Acara dibuka oleh Ketua Yayasan Lentera Edukasi Ambarawa, Ratnajani Mulyadi,S.Th dengan pemukulan drum. Doa pembukaan oleh Pdt. Budimoeljono R., S.Th selaku Gembala GKI Ambarawa.

Dalam sambutannya, Drs. Budi Sugita, M.Si. selaku kepala Kecamatan menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada SKL yang turut memperjuangkan pendidikan di wilayah Ambarawa. Beliau memaparkan kontribusi apa yang bisa diberikan oleh SKL untuk kemajuan Ambarawa dalam hal pendidikan, seni dan budaya lewat forum yang dikerjakan oleh pemerintahan lingkup kecamatan. Beliau juga dengan sukacita akan memfasilitasi apa yang menjadi kebutuhan SKL, khususnya dalam hal kebutuhan tempat latihan drum band atau pun untuk kepentingan lain mengingat halaman sekolah yang terbatas.

Lomba diadakan bagi balita, siswa Play Group, TK, dan SD. Mereka datang dari berbagai sekolah di Ambarawa dan sekitarnya. Open House diawali dengan pelaksanaan lomba try out untuk siswa kelas VI SD pada hari Sabtu, 14 Januari 2012. Peserta try out mencapai 964 anak . Mengingat jumlah melebihi dari target maka lomba ini akhirnya dilakukan dalam dua bagian, jam 08.00 – 11.00 WIB dan 11.30 – 14.30 WIB.

Berbagai persiapan yang sudah dilakukan sejak pertengahan semester lalu memberikan hasil yang baik. Acara ini menjadi meriah karena kehadiran para peserta lomba baik pra TK, TK maupun SD. Acara OH juga makin teraa semaraknya karena disiarkan secara langsung oleh Radio Suara Agape-One in Love, Salatiga.  Radio yang menghibur, menguatkan, mencerdaskan, dan mempersatukan komunitas kristiani di Salatiga dan sekitarnya, bahkan dimanapun berada karena sudah "Live Streaming: http://suaraagape.listen2myradio.com/".

Semarak Open House sangat terasa juga karena perform dari para siswa SKL. Mereka sudah memulai latihan sejak tahun ajaran dimulai. Latihan secara rutin dilakukan di dalam ekstrakurikuler  yang mereka ikuti dan juga diramu melalui proses pembelajaran yang ada sepanjang Juli sampai Desember 2011.

Panggung utama tidak pernah kosong. Berbagai bakat serta talenta yang Tuhan anugerahkan kepada para siswa, ditambah bimbingan oleh para guru , menjadikan penampilan mereka di atas panggung menarik para peserta lomba maupun hadirin yang silih berganti datang pergi. Para siswa menampilkan berbagai keahlian mereka; drum band, menyanyi baik dengan band lengkap, acapela, atau diiringi para gitaris. Ada pula penampilan memainkan alat musik seperti suling, pianika dan gitar. Sementara itu para pemenang lomba mendongeng dan news casting tidak ketinggalan diberi kesempatan untuk tampil pula. Tidak kalah menarik adalah penampilan dance, menari tradisional, drama berbahasa Indonesia maupun Inggris.

Para peserta lomba dan yang mengantar serta setiap yang datang menonton juga punya kesempatan mengenal berbagai isi dapur SKL. Hal ini dapat dilihat memalui stand yang khusus diadakan untuk menampilkan berbagai mulok, ekskul serta hasil karya siswa dari proses pembelajaran di TK, SD dan SMP Kristen Lentera. Penonton bisa menyaksikan stand robotika, elektronika, tata busana, tata boga, seni kriya, melukis dan berbagai benda yang merupakan karya dari para siswa. (LGb/Foto: Jarwo/dok. OH)

Berikut daftar jenis lomba dan jumlah peserta masing-masing lomba:

Gallery:

Why Lentera?

Lentera

Menjadi sekolah terkemuka, unggul dalam iman-karakter dan iptek. Berprestasi, cerdas-mandiri di era global dan berpijak pada budaya bangsa.

Experience

Lentera

Anak-anak didik di Sekolah Kristen Lentera diajarkan untuk berprestasi, cerdas-mandiri di era global dan berpijak pada budaya bangsa.

Student Life

Lentera

SKL menjadi tempat bagi anak-anak didik untuk dapat menyalurkan bakat dan hobby positif-nya, sehingga mereka menjadi generasi yang kreatif.

CORE VALUES LENTERA

akronim lentera