Sejarah SK Lentera

Visi yayasan dan Sekolah Kristen Lentera, yaitu "Terwujudnya Kecerdasan Hidup Sesuai Anugerah-Nya"

Sejarah

Sekolah Kristen Lentera didirikan di bawah naungan Yayasan Lentera Edukasi sejak 1 Juli 2007. Sekolah yang semula dibangun di atas tanah hibah bekas garasi bis Adam ini, dikenal masyarakat sebagai Sekolah Kristen. Perjalanan panjang dimulai pada waktu masuknya Jepang dengan sekolah yang sangat tergantung pada situasi perang pada masa itu.

1 Agustus 1954 dicatat sebagai tanggal berdirinya Sekolah Kristen di era kemerdekaan RI. Bermula di kamar pribadi seorang saudari ditambah ruang kelas di rumah satu keluarga jemaat GKI Ambarawa hingga akhirnya menempati tanah hibah yang sekarang dibangun Sekolah Kristen Lentera. Antara 1961 hingga 1 Juli 2007, Sekolah Kristen ini sempat dikelola oleh YPSAK Semarang sebelum dikelola Yayasan Lentera Edukasi dengan nama baru SEKOLAH KRISTEN LENTERA.

Tuhan telah menggerakkan beberapa pihak yang menjadi bagian dari terbangunnya Sekolah Kristen Lentera. Doa, diskusi dan dana yang dianugerahkan Tuhan telah menjadi ciri awal berdirinya Sekolah Kristen Lentera. Anugerah Allah, menjadi seperti Kristus, dan kecerdasan hidup mewarnai pemikiran yang akhirnya melahirkan visi yayasan dan Sekolah Kristen Lentera, yaitu "Terwujudnya Kecerdasan Hidup Sesuai Anugerah-Nya". Amin.

 

Visi dan Misi

Sekolah Kristen Lentera dibangun di tengah perkembangan jaman yang jauh berbeda dengan situasi pada waktu kompleks kampus Jl. dr. Cipto Mangunkusumo 20, Ambarawa pertama kali dianugerahkan Tuhan kepada GKI Ambarawa, 50 tahun yang lalu.

1. Realita Global

Efek krisis global, yang terus menggelembung, tak terbendung.  Kompetisi menjadi tema hidup yang dianggap wajar.  Sementara itu membangun relasi menjadi tuntutan gaya hidup global, yang ditandai dengan perkembangan jaringan komunikasi berbasis internet.  Dua kutub kehidupan yang bersitegang ini telah menghasilkan tarik-menarik kehidupan, yang kadang menguntungkan tapi tak jarang sebaliknya.  Akibatnya, kepanikan menjadi salah satu ciri kebudayaan global.  Di tengah semangat jaman seperti inilah, Yayasan Lentera Edukasi memiliki komitmen untuk menyiapkan generasi yang mampu menghadapi dinamika kehidupan riil, melalui Sekolah Kristen Lentera!

2. Membangun di atas Anugerah Tuhan

Yayasan Lentera Edukasi mengajak masyarakat untuk membangun bersama sebagaimana anugerah Tuhan, melalui pintu pendidikan.  Yayasan Lentera Edukasi meyakini keunikan individual, yang diciptakan dengan bakat dan kecerdasan yang khas sesuai kasih karunia Allah, yang dapat dikembangkan secara bertanggung-jawab kepada-Nya.

3. Anugerah Allah dan Pendekatannya

Yayasan Lentera Edukasi menyadari bahwa pendidikan adalah anugerah Allah.  Karenanya, pendidikan dimulai dan dikembangkan dari anugerah Allah.  Dengan kata lain, sistem pendidikan yang dikembangkan Yayasan Lentera Edukasi berorientasi pada anugerah Allah.

Pendekatan Multiple Intelligences dipilih sebagai sistem pendekatan edukatif, yang diharapkan dapat lebih memaksimalkan anugerah Allah pada setiap individu yang educated, dalam lingkup keluarga besar Yayasan Lentera Edukasi. 

Filosofi

Yayasan Lentera Edukasi mengelola Sekolah Kristen Lentera dengan dasar pemikiran:

  1. Berpusat pada Allah Tritunggal
  2. Membentuk karakter seperti Kristus
  3. Menolong pertumbuhan kecerdasan individual, sesuai anugerah Tuhan Yesus Kristus
  • VISI

Menjadi sekolah terkemuka, unggul dalam iman-karakter dan iptek.

Berprestasi, cerdas-mandiri di era global dan berpijak pada budaya bangsa.

  • MISI
  1. Menjadikan sekolah dikenal dan terkenal serta dibanggakan warga sekolah.
  2. Menumbuhkan semangat keunggulan yang kompetitif.
  3. Menanamkan iman dan nilai-nilai kristiani melalui keteladanan dan pembiasaan dengan memperhatikan kearifan lokal.
  4. Memberdayakan dan mengembangkan sarana-prasarana, kualitas SDM, kurikulum dan manajemen berbasis TIK secara kreatif-inovatif dan efisien.
  5. Menyelenggarakan pendidikan yang transparan, akuntabel dan demokratis.
  6. Membangun semangat kewirausahaan.
  7. Menjalin kerjasama dengan lembaga dan dunia usaha guna meningkatkan mutu pendidikan.
  • KEBIJAKAN UMUM
  1. Melakukan usaha promosi yang kreatif, efektif dan efisien
  2. Menjangkau seluruh lapisan masyarakat
  3. Melaksanakan proses pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efisien dan menyenangkan dengan e-learning hingga terwujudnya kemandirian dan ketrampilan hidup
  4. Mengembangkan iptek dan ketrampilan sesuai minat, bakat dan potensi peserta didik yang berbasis TIK menuju abad 21 (Smart School)
  5. Memanfaatkan Jardiknas-Schoolnet (Indismart) dan fasilitas internet sebagai media komunikasi dan bertukar informasi pembelajaran, bimbingan dan manajemen pendidikan
  6. Membina pendidik dan tenaga kependidikan agar berdedikasi, produktif dan kompeten serta mampu menjadi teladan, innovator dan pemandu bagi peserta didik
  7. Meningkatkan daya tamping sekolah dan mengembangkan sekolah lanjutan untuk kesinambungan tujuan serta membangun kemitraan dengan sekolah unggulan baik di dalam maupun di luar negeri (sister school)
  1. Mencari terobosan baru melalui kerja sama dengan lembaga/dunia usaha serta mencari dan memanfaatkan peluang untuk menggalang dana (good school governance)
  • TUJUAN DASAR

Leading (terkemuka), Enlightening (mencerahkan), Noble (mulia), Technology, Empowering (menguatkan), Responsible (bertanggung jawab), Achievement (berprestasi)

Slogan

Anak-anak Lentera menjadi baik, lebih baik dan terbaik

 

 

Why Lentera?

Lentera

Menjadi sekolah terkemuka, unggul dalam iman-karakter dan iptek. Berprestasi, cerdas-mandiri di era global dan berpijak pada budaya bangsa.

Experience

Lentera

Anak-anak didik di Sekolah Kristen Lentera diajarkan untuk berprestasi, cerdas-mandiri di era global dan berpijak pada budaya bangsa.

Student Life

Lentera

SKL menjadi tempat bagi anak-anak didik untuk dapat menyalurkan bakat dan hobby positif-nya, sehingga mereka menjadi generasi yang kreatif.

CORE VALUES LENTERA

akronim lentera