Outing Class TK Kristen Lentera di SMK Theresiana Bandungan

 

foto bersama tk

Outing class merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan di Sekolah Kristen Lentera Ambarawa. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang mampu menggali kemampuan siswa untuk dapat belajar melalui pengalaman langsung di lapangan. Pada Jumat, 10 November 2017, anak-anak TK Kristen Lentera berkesempatan mengunjungi SMK Theresiana Bandungan. Anak-anak berangkat dari sekolah pukul 08.00 pagi setelah upacara Hari Pahlawan. Anak-anak sangat bergembira, karena mereka pergi bersama teman-teman mereka. Perjalanan menuju SMK Theresiana Bandungan ditempuh kurang lebih 30 menit dengan menggunakan angkot.
Berbagai macam kegiatan dilakukan dengan hati gembira. Sebelum melakukan berbagai kegiatan, anak-anak diajak beribadah bersama di alam, di ruang terbuka, anak-anak diajak untuk belajar mensyukuri semua karunia Tuhan. Kegiatan pertama yang dilakukan anak-anak adalah menata telur puyuh. Anak-anak belajar menghitung telur puyuh dan menata telur puyuh ke dalam plastik mika secara bergantian, anak-anak juga diberi penjelasan mengenai manfaat dan kandungan yang ada di dalam telur puyuh, anak-anak diperlihatkan seperti apa burung puyuh itu, dan apa makanan burung puyuh, mereka juga memegang burung puyuh yang ada di sana. Di akhir kegiatan pertama, anak-anak diajak untuk makan telur puyuh yang sudah matang, waaaaaaah, anak-anak memang pintar, mereka mengupas sendiri loh telur puyuh yang mereka makan,menyenangkan sekali..
Kegiatan selanjutnya adalah menata buah dan mengemasnya. Anak-anak sangat antusias ketika diajari menata buah. Mereka mengambil satu per satu buah yang akan ditata ke dalam wadah. Ada beberapa jenis buah yang mereka tata, antara lain buah kelengkeng, pisang, anggur, tomat bit dan tomat cherry. Anak-anak diberi kesempatan untuk mencicipi buah, dari situ anak-anak belajar mengenal rasa. Setelah itu, anak-anak dibantu oleh tim dari SMK Theresiana untuk menata dan mengemas buah, dari kegiatan tersebut anak-anak belajar mengenal warna buah, bentuk buah dan ukuran buah. Ketika proses pengemasan, anak-anak juga belajar melipat plastik dan mengenal posisi atas, bawah, kanan dan kiri plastik. Mereka sangat senang, karena buah yang mereka kemas boleh dibawa pulang. horeeeeee...
Salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan bagi anak-anak perempuan adalah ketika mereka merangkai bunga, hasilnya tentu saja bisa dibawa pulang dan diberikan pada ibunya masing-masing... wuahhhhhhhhhhhhhh menyenangkan sekali pagi ini. Yaa, kegiatan terakhir di SMK Theresiana adalah merangkai bunga. Anak-anak belajar mengelompokkan macam-macam bunga terlebih dahulu, ada bunga aster dan bunga krisan. Setelah itu, anak-anak menentukan pilihannya sendiri, bunga apa yang akan dirangkai, lalu mereka menghitung jumlah bunga yang sudah mereka ambil. Tak hanya itu, oleh pendamping dari SMK Theresiana, mereka diberi penjelasan mengenai bagian-bagian tanaman bunga, seperti batang, daun, tangkai, dan batang. Setelah itu, anak-anak mulai belajar merangkai bunga, mereka merangkai bunga yang mereka pilih sendiri dan menancapkannya di oase dengan kreatifitas masing-masing, mereka belajar mengenal estetika.Setelah melakukan rangkaian ketiga kegiatan tersebut, anak-anak beristirahat, mereka makan siang bersama dan selanjutnya pulang kembali ke sekolah.

packing telur putuh

packing buah

merangkai bunga

Why Lentera?

Lentera

Menjadi sekolah terkemuka, unggul dalam iman-karakter dan iptek. Berprestasi, cerdas-mandiri di era global dan berpijak pada budaya bangsa.

Experience

Lentera

Anak-anak didik di Sekolah Kristen Lentera diajarkan untuk berprestasi, cerdas-mandiri di era global dan berpijak pada budaya bangsa.

Student Life

Lentera

SKL menjadi tempat bagi anak-anak didik untuk dapat menyalurkan bakat dan hobby positif-nya, sehingga mereka menjadi generasi yang kreatif.

CORE VALUES LENTERA

akronim lentera