Prestasi Membanggakan Alumni Sekolah Kristen Lentera

 

victoria octaviana

“Saya menang juara 1 se-Jabar bukan karena kuat dan hebat saya, tapi karena saya selalu mengandalkan Tuhan dalam setiap hal.”

Vian, begitulah dia biasa dipanggil oleh teman-temannya. Saat ini dia adalah siswi SMKN 2 Cirebon jurusan tata boga. Dua tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 2015 Vian menjadi salah satu alumni angkatan ke-IX SMP Kristen Lentera Ambarawa. Sebelum memasuki bangku SMK, Vian pernah mempelajari ilmu boga melalui muatan lokal tata boga yang ada di Lentera.
Pada Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2017, Vian diberi kesempatan untuk mengikuti lomba kategori restaurant service. Bukan suatu kebetulan kalau lomba tersebut sangat sesuai dengan bidang yang Vian senangi. Pada kesempatan kali ini, kita akan bersama-sama menyimak kesaksian dari gadis kelahiran 11 Oktober 1999 ini.


 "Selamat sebelumnya, Vian. Kami turut bangga melihat prosesmu. Sejak kapan Vian tertarik dengan dunia pelayanan restoran?"
Restaurant service adalah salah satu mata pelajaran yang saya pelajari sejak saya kelas 11, dan sejak pertemuan pertama pelajaran tersebut saya sudah sangat menyukai restaurant service.

“Apa yg membuatmu tertarik dengan pelayanan restoran?”
Yang membuat saya tertarik dalam pelayanan retoran adalah saya harus bisa menyenangkan tamu. Saya tertarik sekali untuk memberikan kenyamanan pada tamu dan melayani dengan baik pada saat mereka makan.


"Apakah ada pendidikan di Lentera yang berdampak sampai kamu bisa senang melayani tamu?"
Banyak sekali! Karena pada saat melayani tamu kita harus percaya diri. Kita harus kuat mental jika terjadi sesuatu pada saat pelayanan. Misalnya ada yang jatuh atau ada yang tumpah—kita harus siap mental dan bisa mengatasi masalah tersebut. Sejak lulus dari Lentera saya sadar banyak hal yang saya pelajari: kita sering di ajarkan untuk presentasi di depan kelas, menghafalkan teks dan pidato di depan kelas. Aktivitas tersebut membuat mental saya menjadi kuat pada saat saya ada di depan orang banyak. Lentera juga sering mengajarkan bahwa kita harus percaya diri; saya masih ingat sekali saat pelajaran Character Building saya selalu diajarkan untuk percaya diri.


Kalau boleh cerita, saat lomba hari pertama ada mata lomba mocktail. Saya di situ diminta untuk presentasi di depan dewan juri dan banyak orang. Pada saat saya hendak praktik menjadi bartender, saya melakukan atraksi melemparkan es batu, namun es batu tersebut jatuh. Saya terus mencoba namun tetap jatuh. Saya mencoba sampai 3x! Tetapi saya tetap PD saja dan tersenyum ke semua orang dan juri. Pelemparan ke-4 berhasil masuk ke dalam shaker. Di situ saya sadar mungkin kalau di Lentera tidak sering diasah, mental saya sudah down pada saat perlombaan tersebut. Namun saya tetap percaya diri sampai selesai presentasi dan semua bertepuk tangan. Ditambah lagi, ketiga dewan juri melihat saya dengan senyum puas.
Ada satu hal yang Lentera selalu ajarkan yaitu bersandar kepada Tuhan. Apapun yang terjadi saya serahkan sama Tuhan. Biar Tangan Tuhan yang bekerja. Satu lagi: saya menang juara 1 se-Jabar bukan karena kuat dan hebat saya, tapi karena saya selalu mengandalkan Tuhan dalam setiap hal.

Begitulah Vian, dengan kesederhanaannya dia percaya bahwa Tuhan beserta dia. Sejak SD, Vian sudah menjadi siswi berprestasi yang aktif dalam berbagai kegiatan. Lulus dari SDK Lentera, dia melanjutkan di SMPK Lentera—dan ternyata benar, Vian dapat ‘mengembangkan sayapnya’ dengan mengikuti OSIS dan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang ada. Vian pernah menjadi Juara 2 Lomba Vokal Grup pada FLS2N tingkat Kab. Semarang, Juara 2 Lomba Kriya pada FLS2N di tahun yang berbeda, menjadi pengurus OSIS, dan tentunya menjadi seorang anak Tuhan yang semakin mengenal Dia.

victoria juara
Kiranya kesaksian ini dapat memberkati Anda.
Tuhan Yesus memberkati.

Why Lentera?

Lentera

Menjadi sekolah terkemuka, unggul dalam iman-karakter dan iptek. Berprestasi, cerdas-mandiri di era global dan berpijak pada budaya bangsa.

Experience

Lentera

Anak-anak didik di Sekolah Kristen Lentera diajarkan untuk berprestasi, cerdas-mandiri di era global dan berpijak pada budaya bangsa.

Student Life

Lentera

SKL menjadi tempat bagi anak-anak didik untuk dapat menyalurkan bakat dan hobby positif-nya, sehingga mereka menjadi generasi yang kreatif.

CORE VALUES LENTERA

akronim lentera